Selepas hasil imbang melawan Athletic Bilbao akhir pekan kemarin, pelatih Barcelona Ronald Koeman sedikit menyinggung tentang sang legenda hidup klub Catalan yang baru saja pindah ke PSG, Lione Messi. Apa katanya?

Sebagaimana diketahui, Barcelona memainkan jornada ke-2 La Liga Spanyol musim ini dengan bertandang ke San Mames Barria melawan tuan rumah Athletic Bilbao.

Di atas kertas, raksasa Catalan tentu lebih unggul dibanding tuan rumah, apalagi melihat musim kemarin dimana mereka sukses menggulung klub Basque itu dengan skor telak 4-0 pada babak final Copa Del Rey.

Tapi kali ini ceritanya jauh berbeda, Barca bahkan nyaris saja kalah anda gol Inigo Martinez di menit ke-50 tidak bisa dibalas oleh Memphis Depay. Namun tetap saja, hasil imbang ini jelas tak ideal bagi Klub Catalan.

FAKTA YANG TAK BISA DIUBAH

Banyak yang beranggapan bahwa ini adalah efek ringan dari kepergian Lionel Messi, dengan kata lain Barcelona sudah mulai merasakan dampak dari kepergian mega bintang Argentina tersebut.

Pelatih Ronald Koeman sendiri tidak bisa menampiknya, dia merasa bahwa tim-tim lawan seperti tidak gentar menghadapi Barcelona yang tanpa Lionel Messi. Peraih 6 Ballon d’Or itu membuat para pemain lawan ketakutan, dan itulah fakta yang tak bisa diubah Barcelona.

“Saya tak suka membicarakan hal yang sama berulang-ulang, tapi ini tentang pemain terbaik di dunia. Lawan-lawan kami lebih merasa takut ketika Messi masih di sini.”

“Bagi kami sendiri, jika bola dioper ke Leo, dia hampir tak pernah kehilangannya. Anda bisa rasakan kalau [Messi] sudah tidak ada di sini. Kami tahu itu, dan kami tak bisa mengubahnya,” kata Koeman, seperti dikutip Marca.

HASIL YANG ADIL

Terlepas dari kekecewaanya akan satu poin yang dikantongi Barcelona, Koeman mengakui bahwa hasil imbang adalah hasil yang adil bagi kedua tim.

“Saya rasa imbang adalah hasil yang adil, karena kami punya peluang menang, dan Athletic juga bermain di level tinggi. Bermain seperti itu, di tempat sesulit ini, saya tak bisa kecewa dengan hasilnya,” imbuh Koeman

Post Comment