Salah seorang legenda besar sepakbola Belanda, Marco Van Basten melayangkan kritik pedas kepada gelandang muda De Oranje, Donny Van De Beek. Menurut dia, keputusan Van De Beek bergabung dengan Manchester United adalah keputusan yang salah.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Donny Van De Beek bergabung dengan Manchester United pada bursa transfer musim panas tahun 2020 lalu usai ditebus dengan mahar 40 Juta Euro dari Ajax Amsterdam.

Sayangnya, pemain berusia 24 tahun itu tampak gagal mereplikasi performa apiknya di Ajax Amsterdam bersama dengan Manchester United. Alhasil, Van De Beek lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan dalam semusim terakhir ini.

BELUM SIAP

Situasi yang dialami Van De Beek ini memancing komentar dari legenda Belanda, Marco Van Basten. Menurut dia, Van De Beek memang pemain yang berbakat, tapi untuk bisa tampil di level kompetitif seperti di Inggris, sang pemain masih belum siap.

Singkatnya, Van Basten menganggap keputusan Van De Beek itu tidak benar, karena level sepakbola di Belanda dengan di Inggris dan Spanyol itu jauh berbeda.

“Itu bukan pilihan yang cerdas. Jika Anda mengatakan Anda berbicara dengan Real Madrid dan kemudian pergi ke Manchester United, Anda bertaruh terlalu tinggi,”

“Van de Beek tidak sebagus itu. Sebagai nomor 10 di Ajax itu jauh lebih mudah daripada sebagai nomor 10 di Spanyol atau Inggris. Di Belanda Anda mendapatkan banyak bantuan, Anda mendapatkan peluang, tapi tidak di luar negeri,” kata Van Basten dikutip Voetbal Zone.

BAKAL LEBIH BAIK

Sebenarnya, pada musim panas kemarin Van De Beek nyaris pindah ke Everton, tapi dihalangi pihak Manchester United dan akhirnya bertahan di Old Trafford.

Meski kecewa, tapi agen transfer sang pemain punya firasat positif terhadap kliennya musim ini.

“Perbincangan dengan Solskjær jika dibandingkan dengan musim panas lalu, segalanya jauh lebih jelas sekarang. Saya memiliki harapan Donny akan mendapatkan kesempatannya,”

“Donny bekerja sangat keras di musim panas. Dia hanya punya tujuh hari libur. Sisa musim panas dia berlatih untuk menjadi sangat fit. Dia benar-benar siap,” kata agen Van de Beek, Guido Albers.

Post Comment